KULTUR WARISAN BUDAYA DESA SENDANGASRI SENDANG AGUNG LAMPUNG TENGAH



Masyarakat didesa sendang asri tepatnya didusun dua sendang asri kecamatan sendang agung, meskipun hidup diwilayah lampung pulau sumatra, masyarakatnya tetap menggunakan bahasa jawa.

Tidak cuma didesa sendang asri saja yang menggunakan bahasa sehari-hari dengan bahasa jawa, namun bahasa jawa ternyata digunakan setiap harinya didalam wilayah kecamatan sendang agung lampung tengah.

Ya, terasa aneh bukan..? Ya memang aneh, sebab masyarkata yang ada dikecamtana sendang angung, ternyata memang berasal dari pulau jawa, seperti jawa tengah, dan jawa timur.

Memang aneh, tinggal dan beranak pinak diwilaya sumatra dan tinggal dilampung namun bahasa sehari-harinya adalah bahasa jawa.

Namun, Faktanya dari nama-nama desa yang sekarang ditempati diwilayah lampung atau pun kampung desanya ternyata dari desa yang berasal dari pulau jawa, yang dahulu nenek moyang, bertempat tinggal dan berasal dari pulau jawa atau tempat mereka dahu berasal.




Sebab, masyarakat yang bertempat inggal dilampung pada umumnya adalah masyarakat transmigran dari pulau jawa dan pindah kelampung, terlalu banyaknya penduduk pulau jawa sehingga pada masa presiden ke 2 indonesia yaitu soeharto mengadakan program transmigrasi.

Mengikuti klutur warisan budayanya dari jawa, masyarakat lampung, khususnya wilayah sendang, kecamatan sendang agung masih berpegang teguh dengan kultur budaya jawanya sangat kental.

Semangat gotorong royong ciri khas indonesia khusunya jawa yang ada didesa sendang asri dusun dua, dilihat masih 90% menjalankan budaya tersebut, terlihat saat mengadakan kerja bakti, dan berbagau kegiatan lainnya.

Dengan itu masyarakat desa sendang asri, terkhusus dusu duanya, masih menjaga kultur warisan budaya dari nenek moyangnya, yang terdahulu saat pertama migrasi ke wilayah sumatra lampung.

Walaupun demikian tinggal dilampung, lantas tidak mempelajari bahasa daerah lampung, suatu keharusan untuk mempelajari bahasa daerah lampung sebab, disetiap sekolah mulai tinggkat pertama hingga perguruan tinggi, diadakan pelajarang bahasa tersebut.

Nah, itulah kultur warisan budaya yang ada didesa sendang asri kecamatan sendang agung, tepatnya didesa sendang asri.

Dengan adanya artikel ini semoga bermanfaat bagi pembaca, dan menambah pengetahuan tentang wilayah desa sendang asri terkhusus kultur warisan budaya yang ada saat ini.

Terimakasih telah berkunjung di web desa sendang asri.



Post a Comment

0 Comments