MUSIM KEMARAU HASIL UTAMA MASYARAKAT DESA SENDANG ASRI LAMPUNG DUSUN 2 SENDANG ASRI



Masyarakat desa sendang asri, tepatnya dusun dua sendang asri umumnya berpenghasilan dari pertanian di area lahan persawahan, jika memasuki musim penghujan.

Pertanian merupakan hasil komoditi utama didesa sendang asri, begitu pula desun dua sendang asri umbul kadu (umkad).

Dusun 2 sendang asri atau umbulkadu, sebutan untuk dusun dua sendang asri yang sudah sejak dari dulu sudah melekat dimasyarakat pun sama-sama penghasil padi jika memasuki musim penghujan.

Namun jika memasuki musim kemarau hasil pertanian akan menurun dan masyarakat desa sendang asri, dusun 2 sendang asri, harus berfikir ekstra untuk mencukupi kebutuhan hidup masyarakatnya.

Alhasil masyarakat dusun dua sendang asri (umkad) akan mengolah lahan persawang dengan cara lain, dimana bisa menambah nilai ekonomis kebutuhan masyarakatnya.



Yaitu dengan maksimalkan lahan tadah hujannya, dengan menanam palawija, dengan berbagai tanaman palawija, semisal sayur dan buah-buahan.

Tentunya masyarakat desa sendang asri, dusun dua, menanam tanaman palawija yang bener-bener memiliki nilai tambah serta nilai jual yang ekonomis.

Tanaman palawija masyarakat desa sendang asri, dusun 2 atau umbul kadu, untuk buah yang sering ditanam adalah jagung dan buah semangka, itu lah yang sering ditanam.

Sedangkan untuk sayuran palawija desa sendang asri dusun 2, biasanya ditanam dengan berbagai macam varean sayuran seperti kacan-kacang dan kankung dan masih banyak lagi.

Musim kemarau memang terbilang panjang didesan sendang asri, sebab persawahann yang ada di desa sendang asri, selalu memgadalkan dari faktor cuaca dan musim penhujan.

Disamping itu masyarakat desa sendang asri terkhusus dusun 2nya, dikala musim kemarau tiba, selain bercocok tanam palawija disawah, ada juga yang mecari dan menutupi kebutuhan kelurga dengan cara lain.



Cara lain seperti usaha rumahan dengan berbagai hasil olahan tangan, hasil olahan rumah masyarakat desa sendang asri, dusun 2nya meliputi berbagai macam olahan seperti makan ringan.

Salah satu hasil olahan rumahan tangan masyarakat dusun 2 sendang asri, salah satunya ada opak, kerupuk yang berasal dari olahan ubi singkong.

Hasil lain olahan tangan masyarakat desa sendang asri dusun 2 adalah oyek, oyek pun sama, hasil dari olahan ubi singkong yang dapat dijadikan makanan pengganti padi ataupun beras.

Nah, dengan itu tidak menutup kemungkinan hasilnya sudah mencukupi untuk kebutuhan keluarga masyarakat desa sendang asri, terkhusus dusun 2 (umkad).

Dengan demikian hasil masyarakat desa sendang asri dusun 2nya, ketika memasuki musim kemarau itulah yang dihasilkan dari masyarakat desa sendang asri khusunya dusun 2.

Ada beberapa usaha rumahan dimasyarakat desa sendang asri dusun 2, namun didusun 2nya itu hasil yang paling utama yang terlihat lebih menonjol dimasyarakat dusun 2 sendang asri.

Semoga dengan adanya artikel ini, ada pembaca bisa memahami serta bisa menimbang pengetahuan dan berbagi ilmu usaha yang bermanfaat bagi kita semua.



Post a Comment

0 Comments