DESA SENDANG ASRI KECAMATAN SENDANG AGUNG LAMPUNG TENGAH

DESA SENDANG ASRI

Foto by Google Desa Sendamg Asri


a. Geografi Kampung Sendang Asri.

Sendang Asri ataupun kampung sendang asri merupakan salah satu desa yang berada dikecamatan Sendang Agung kabupaten gunung sugih lampung tengah, desa ini adalah desa dimana setiap dusunnya terpisah-pisah dari dusun satu ke dusun satunya, serta disetiap dusunnya dibatasi dengan perbatsan persawahan, sungai dan perbukitan yang asri.

Dari segi bahasa kampung, dusun serta desa sendang asri memiliki cerita asal usul dan arti yang mencerminkan atau identitas serta ciri terbentuk sebuah kampung atau pun desa yang ditempati masyarakat itu sendiri, nah kampung sendang asri itu sendiri memiliki arti yang banyak dan salah satunya boleh dikatakan adalah sumber air yang bersih.

Nah, dari kata itulah! tidak menutup kemungkinan terbentuklah kampung atau desa sendang asri yang saat ini dikelola oleh masyarakat sendang asri itu sendiri, sebab lokasi kampung sendang asri memang berada diantara persawahan dan sungai seperti dijelaskan diatas.

Meskipun, kampung sendang asri berada diwilayah lampung sumatra tidak serta merta penduduk atau masyarakatnya orang lampung asli, namun kampung sendang asri adalah kampung atau desa dengan penduduk asli dari suku jawa, sebab pada jaman Presiden RI pertama Soeharto diadakanlah secara besar-besaran yaitu program pemerintah transmigrasi.

Masyarakat kampung sedang asri kecamatan sendang agung ini, sebagian besar setiap penduduknya atau masyarakatnya adalah berkegiatan dengan bekerja disektor pertanian, perdagangan hasil rempah bumi dan beberapa yang bekerja sebagai kuli apa saja dikampung sendang asri.

Dari nama dan arti sebuah desa sendang asri, tercerminlah ciri  khas nama sebuah desa atau sebuah kampung yang salah satunya adalah melimpahnya air dan sumber air yang bersih, sehingga masyakarakat dapat menggunakan dengan berbagai kebutuhan untuk hidup, seperti untuk pertanian yang memang desa sendang asri yang bermasyakat dan berpengasilan dari sektor utama pertanian padi.

Kampung sendang asri dari segi geografi posisi tempat wilayah desanya, kampung sendang asri memang berada pada posis jalur lintas ekonomi yang baik dibanding wilayah desa atau kampung lain yang berada di wilayah kecamatan sendang agung lampung tengah.

Sebab, wilayah desa atau kampung sendang asri bisa dilalui kendaraan umum dengan jalur lalulintas darata, transportasi umum menuju suatu daerah lain yang berada diwilayah lampung, desa sendang asri juga berbatasan langsung dengan 4 desa kampung lain yang masih dalam satu kecamatan sedang agung.


b. Pedidikan Dan Agama.

Desa sendang asri dengan masyarakat yang berbagai latar belakang dan selalu mengandalkan sektor petanian maupun perkebunan, serta beberapa faktor ekonomi lainnya yang ada dikampung sendang asri, akan dapat juga mempengaruhi sistem pendidikan dan pengetahuan masyarakatnya.

Dari sistem pendidikan masyarakat sendang asri yang terjadi pada umumnya adalah dengan cukup bersekolah sampai smk/sma saja, sekolah menengah kejuruan/sekolah menengah atas, nanum ada pula yang sampai juga dengan sekolah tingkat tinggi.

Anak-anak muda desa sendang asri kebanayak mengenyam pendidikan cukup sampai smk/sma dilihat dari faktor ekonomi msayarakatnya, namun jika ingin bersekolah lebih tinggi dan mampu difaktor keuangan keluarga diharuskan keluar dari kampung sendang asri.

Dikampung sendang asri sendiri pun sudah memenuhi kreterian stadar kelulusan jika ingin bersekolah dengan cukup sampai di smk/sma saja, karena didesa sendang asri sendiri pun sudah memiliki smk/sma yang terbilang cukup baik.

Kemudian dari sistem pendidikan agama, masyarakat kampung sendang asri mayoritas adalah beragama islam, meskipun ada beberapa KK yang non muslim, masyarakat sendang asri menjujung tinggi nilai berbedaan dan selalu menghormati dengan keberagaman umat, tak lupa juga, dikampung sendang asri pun memeliki pondok pesanter.


c. Ekonomi Kampung/Desa Sendang Asri.

Ekomoni dalam suatu desa atau kampung merupakan hal yang vital, selain faktor pertanian dan perkebunan disuatu desa tertentu, tidak hanya desa disendang asri saja, namun di setiap desa bahkan negara sekalipun.

Kampung sendang asri yang memiliki fasilitas seperti pasar tradisional adalah suatu keuntungan bagi masyarakatnya, terkhususnya warga sendang asri dan lainnya yang terdampak atau imbas keuntungannya.

Sebab, dengan adanya pasar tradisional dikampung sendang asri, masyarakat bisa memutarkan roda ekonomi dengan cara berkegiatan jula beli barang.


Nah demikian sedikit penjelasan dari kampung atau desa sendang asri yang berada di wilayang kecamatan sendang agung lampung tengah, semoga denga adanya artikle ini bisa dapat menambah wawasan pembacaca tentang bagaimana kehidupan di desa sendang asri.







Post a Comment

0 Comments